Belajar Tidak Identik dengan Buku

Sekedar Pengin Nulis (Mimbar Bebas Saya) untuk Mengisi Malam Minggu

Pengumuman hasil seleksi CPNSD kabupaten Banjarnegara telah keluar pada tanggal 28 Desember 2010 dan hasilnya aku gagal lagi, alias belum keterima –gagal maning son-. Ini adalah kegagalan ke-4 saya dalam laga seleksi CPNS (kalah pinter atau kalah kuat? Hehehe…..).

Mulai januari 2010 saya harus menerima dengan ikhlas sanksi dari sekolah sebagai akibat saya telah mengikuti seleksi CPNSD Banjarnegara yaitu berupa penurunan gaji sebagai seorang guru. Setelah tadi beberapa menit saya surfing di internet, alangkah kagetnya ketika saya dapatkan informasi Upah Minimum Regional untuk Kabupaten Banjarnegara Tahun 2010, ternyata gaji saya lebih rendah Rp 60.000,- dari UMR Kab. Banjarnegara.

Saya jadi teringat kejadian beberapa hari yang lalu. Ada 2 orang alumni yang datang kerumah untuk membicarakan teknik elektroplating. Kebetulan saya pernah merencanakan praktik ini sejak beberapa tahun yang lalu, tapi karena SMK tempat saya mengajar hanya membuka otomotif, elektronika dan gambar bangunan dan dianggap tidak ada kaitan langsung dengan kimia makanya usulan untuk elektroplating tidak pernah berhasil. Bulan lau saya angkat lagi usulan ini ke sekolah. Belum juga mendapat tanggapan dari pihak sekolah, ehh…. malah niatan ini sudah terdengar oleh alumni yang pernah bekerja di perusahaan Nasional dan kebetulan dulu pernah mengenal elektroplating di perusahaan tersebut. kata mereka sih… mereka tahu rencana ini dari salah seorang guru di SMK saya. Dua anak tadi menawarkan kerja sama dan kalau bisa dirinya ingin menjadi tenaga teknis tempat mereka bersekolah dulu.

Berikut ini potongan percakapan saya dengan 2 orang alumni perihal tawaran kerja sama dan permintaannya untuk menjadi tenaga teknis di SMK tempat saya mengajar.

Saya : Saya tidak bisa membantu karena bukan urusan saya tapi urusan sekolah, tapi insya Allah saya akan bantu, kalaupun kamu bisa jadi tenaga teknis yah…. jangan berharap gajimu segede yang dulu

Anak : Emang berapa kira-kira?

Saya : Saya juga tidak tahu

Anak : Kalau gaji bapak berapa, hehehe… (sambil malu-malu dia bertanya).

Saya : Yah… alhamdulillah cukup, RP 600.000,- sebagai guru (tentunya dengan beban 24 jam mengajar)

Anak : Masa sih pak, gaji bapak sama dengan penjaga toko

Saya :  %$#@!

Yah sudahlah mau diapakan lagi!.

Saya berharap semoga usulan saya bisa diterima pihak sekolah untuk mengadakan alat dan bahan elektroplating. Bulan Mei tahun 2010 Banjarnegara ditetapkan sebagai Kabupaten Vokasi, semoga alasan ini bisa menjadi pertimbangan kuat pihak sekolah untuk mensetujui usulan saya. Semoga elektroplating menjadi salah satu ciri khas alumni dari sekolahan kami.

Kembali ke permasalahan penghasilan. Yang saya syukuri sampai saat ini, meski penghasilan turun sampai dibawah UMR Kabupaten Banjarnegara, Alhamdulillah…. saya masih memiliki semangat yang kuat untuk berkarya dibidang pendidikan kimia terutama yang berbasis komputer, Internet dan Mobile Device (HP)

Beberapa karya yang saya publikasikan diantaranya

  1. Video pembelajran kimia di YouTube.com
  2. Ebook dan Latihan Soal berbasis HP yang ada program JAVA-nya
  3. Ulangan kimia secara Online
  4. Kamus Kimia Online
  5. Dan Download yang lainya dapat ditemukan disini
  6. selebihnya dapat dilihat di blog ini maupun website http://pakhermawan.com
[gaji penjaga toko paling (1)]

banjarnegara, CPNSD, gaji, UMK, UMR

One thought on “Sekedar Pengin Nulis (Mimbar Bebas Saya) untuk Mengisi Malam Minggu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Happy Paperless located at Banjarnegara , Jawa Tengah, Indonesia . Reviewed by 28 customers rated: 1 / 5



Rumus-Excel.Com
Kunjungi rumus-excel.com untuk belajar excel. Anda juga dapat menyumbangkan artikelnya ke kami untuk kita publish