Belajar Tidak Identik dengan Buku

Web Pak Hermawan yang Mantap (www.ispi.or.id)

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, tulisan ini saya mulai. Kali ini saya akan mengulas tentang artikel yang pernah diangkat di blog www.ispi.or.id pada tanggal 2 Januari 2011. Artikel berjudul “Web Pakhermawan Yang Mantap” yang ditulis oleh Bung Deni Kurniawan As’ari membahas tentang konsep paperless dalam dunia pendidikan yang saya usung. Bung Deni dalam tulisannya menyoroti bahwa sudah saatnya guru kreatif dan inovatif dengan cara memanfaatkan fasilitas teknologi untuk pembelajaran.

Sayangnya artikel ini hanya berumur 4 hari saja. Pada tanggal 6 Januari 2011 artikel ini memiliki komentar sebanyak 16 – termasuk jawaban dari saya – yang menanggapi tulisan ini. Namun pada tanggal yang sama sekitar pukul 22.00 WIB saya berencana melihat artikel ini untuk menanggapi komentar yang masuk, ternyata di halaman index www.ispi.or.id sudah tidak saya temukan artikel yang ditulis Bung Deni ini.

Dari komentar yang masuk, semua mananggapi positif. Ternyata dengan diangkatnya websit saya dan dari tanggapan yang masuk dapat memberikan energi positif pada diri saya. Saya makin bersemangat untuk mengkawinkan ilmu kimia yang saya kuasai dengan teknologi yang sedang berkembang saat ini.

Dengan diangkatnya website pakhermawan.com di www.ispi.or.id ternyata telah menyedot banyak bandwidth yang saya punyai. Dari google analytics menunjukkan pengunjung website pakhermawan.com banyak yang berasal dari alamat www.ispi.or.id

Pada saat bersamaan ada salah seorang mahasiswa UNJ dari jurusan pendidikan kimia yang bernama Ella menghubungi saya. Ella berencana akan mengangkat teknik tes online kimia yang saya kembangkan. Semoga sukses ya Ella!!!!

Semoga langkah yang saya tempuh ini dapat memberikan inspirasi pada rekan-rekan guru di Indonesia.

Terimaksaih saya ucapkan yang sebesar-besarnya pada sahabat saya Bung Deni Kurniawan As’ari. Salam Happy Paperless.

ispi, ispi.or.id, pakhermawan, situs

4 thoughts on “Web Pak Hermawan yang Mantap (www.ispi.or.id)

  • feni says:

    Menurut saya, program dan sistem pembelajaran di semua sekolah harus lebih ditinkatkan lagi. Misalnya dengan memanfaatkan teknologi, yaitu dalam proses belajar mengajar menggunakan komputer. agar siswa tidak bosan atau jenuh, dan agar siswa lebih bersemangat lagi dalam belajar.

  • epi auliyana says:

    walaupun program ini belum banyak yang mengetahuinya namun menurut saya, program yang di canangkan oleh pak hermawan dapat menjadi inspirasi bagi orang yang membacanya. karena pendidikan di zaman sekarang tidak terbatas pada mata pelajaran yang di peroleh dari sekolahan saja….meskipun biasanya para pelajar lebih mudah mencerna pendidikn secara langsung(formal) di banding dengan sistem online…..tapi semoga program ini dapat berjalan dengan sukses amiiinnnnnn…….dan bukan mapel kimia saja…..!!!!!!!!

  • dwi lupita sari says:

    itu suatu terobosan yang bagusssssss . dijaman globalisasi yang seperti sekarang ini harus dapat memanfaatkan teknologi . apa lagi berhubungan dengan pelajaran ,saya yakin banyak anak muda terutama para pelajar akan manyukainya karna mereka sudah identik sekali dengan internet !!!!!!!!!!!

  • atikah wisandani says:

    baguss…
    perlu di kembangkan dan di laksanakan…
    manfaatkan teknologi dengan sebaik baiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Happy Paperless located at Banjarnegara , Jawa Tengah, Indonesia . Reviewed by 28 customers rated: 1 / 5



Rumus-Excel.Com
Kunjungi rumus-excel.com untuk belajar excel. Anda juga dapat menyumbangkan artikelnya ke kami untuk kita publish