Belajar Tidak Identik dengan Buku

MUHASABAH RAMADHAN I

bahaya buta warna (simbol)

air mata penyesalan seorang muslim

Air Mata Penyesalan

Ngomong-ngomong soal Penerimaan Peserta Didik Baru atau biasa disingkat PPDB, dimana selama pelaksanaannya ada yang asik dan ada juga yang lucu-lucu pokoknya rame dech kaya permen Nano-Nano. Ditempat kami memang tidak seperti sekolah lain yang menerapkan tes akademik sebagai salah satu sarat untuk dapat diterima sebagai siswa, di SMK kami semua boleh mendaftar dan semua mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi siswa kami. Memang kalau seperti ini nantinya selama 3 tahun akan terasa berat karena bisa jadi siswa yang diterima ditempat kami adalah sisa dari sekolah lain yang telah menerapkan seleksi tes akademik. Tapi tidak mengapalah yang penting Tes Tindik, Tes Tato dan Tes Buta warna tetap kami terapkan.

Kenapa harus ada TES TINDIK (telinga, hidung, lidah, bibir dll) dan TES TATO, saya kira kita akan sepakat dengan jawaban bahwa kita tidak mau kalau seandainya perilaku negatif mereka menular kepada anak lain, sehingga mau tidak mau perlu filter anak yang memiliki tindik dan tato.

Lalu  Kenapa harus ada tes buta warna? Bukankah tidak ada dampak yang membahayakan bagi yang lain? Hoo… jangan salah tes buta warna sama pentingnya. Masalah buta warna di dunia teknologi dan industry akan menjadi penting. Orang yang menderita penyakit keturunan buta warna dapat membahayakan dirinya dan membahayakan orang lain juga. Coba kalau salah memilih kabel, kemungkinan apa ya yang akan terjadi?

Katanya sih, orang yang buta warna hanya dapat membedakan hitam dan putih (gelap dan terang). Satu hal yang harus digaris bawahi bahwa orang yang normal maupun yang buta warna ternyata masih dapat membedakan warna gelap dan warna terang (hitam dan putih). Ketika dihadapkan dengan warna yang lain orang yang buta warna akan merasa kesulitan karena semua wanra tersamar seolah sama bahkan mengarah keabu-abuan, jadi putih tidak hitam pun tidak. Semua akan menjadi sama? Wah bahaya banget…..

Apa kaitanya buta warna dengan muhasabah ramadhan? Satu hal yang cukup menarik tadi adalah baik orang normal maupun buta warna masih bisa membedakan warna gelap dan terang, sebuah symbol untuk menunjukkan kebaikan dan keburukan. Beruntunglah orang yang masih dapat dengan jelas membedakan warna, gelap, terang dan keabu-abuan. Dan tentunya akan celaka orang yang kurang memperhatikan  gelap dan terang.

Oh iya kenapa manusia dianjurkan oleh Allah untuk saling ingat-mengingatkan kepada hal kebaikan? Karena kebanyakan orang tidak mampu melihat kesalahan diri sendiri kalaupun tahu banyak orang yang tidak mau untuk mengakuinya bahkan ada yang mati-matian membela diri. Iya kan, Bukankah terkadang orang lain lebih tahu kesalahan kita dari pada diri kita, kenapa? karena kita malas bercermin pada diri sendiri sehingga orang lainlah yang telah menjadi cermin bagi kita, meberitahukan seputar kita layaknya cermin. Anehnya terkadang informasi dari cermin (orang lain) malah ditimpali dengan emosi, ya kapan kita akan memperbaiki diri. Mulailah mencoba untuk JUJUR dan TERBUKA, jujur mengakui kesalahan diri dan dan bicara yang sebenarnya pada orang lain serta terbuka dengan segala macam nasihat orang lain, atau bahkan terbuka blak-blakan dengan orang lain -ini juga penting lho-.Kepercayaan orang lain dapat hancur hanya karena ketidakjujuran dan ketidakterbukaan kita. Segera selesaikan segala macam kesalahan karena menimbun kesalahan layaknya sedang membikin bola salju yang makin lama makin membesar seiring berjalannya waktu.

Wasalam, insya allah akan kami sambung lain waktu yang insya allah bertema politik (ada di draft, hanya nunggu launching aja)

[materi muhasabah (22)]

air mata, Jujur, kepercayaan, muhasabah, muslim, ramadhan, terbuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Happy Paperless located at Banjarnegara , Jawa Tengah, Indonesia . Reviewed by 28 customers rated: 1 / 5



Rumus-Excel.Com
Kunjungi rumus-excel.com untuk belajar excel. Anda juga dapat menyumbangkan artikelnya ke kami untuk kita publish