Belajar Tidak Identik dengan Buku

TODAY, 18 Januari 2012, SOPA – PIPA – BLACKED OUT

SOPA PIPA
SOPA PIPA

Siang tadi, disela-sela waktu luang setelah mengajar kimia dikelas kesayangan, saya berencana mencari theme di wordpress.org untuk salah seorang klien yang telah memesan pembuatan blog untuk usaha yang dia jalani.  Saya melihat ada sedikit yang aneh dengan tampilan wordpress.org-nya. Disana tertulis STOP CENSORSHIP. Sensor apa yang dihentikan?

SOPA =  Stop Online Piracy Act dan PIPA = Protect Intellectual Property Act. Sebenarnya saya sendiri masih kurang begitu memahami apa itu SOPA dan PIPA secara pasti, dikarenakan belum tahu betul isi dari kedua RUU tersebut. Intinya membicarakan maslah hak cipta / hak intelektual. Sebenarnya disetiap negara sudah ada sih undang2 yang mengatur tentang hak cipta, tapi kenapa banyak pihak yang merasa resah?

Setelah cari tau sana kemari, akhirnya sampai pada kesimpulan ternyata RUU tersebut juga  akan mengubah cara kerja internet saat ini. Situs/Jejearing sosial seperti FB, Twitter, Google, Youtube, WordPress, 4shared dll bisa saja ditutup hanya karena salah satu user mem-publish materi / mengupload sesuatu yang berbau pelanggaran hak cipta. Bahkan website/blog pribadi pun dapat terkena sasaran dari SOPA-PIPA ini jika terbukti memuat hal2 yang berbau pelanggaran hakcipta.

Wah…wah… kalo seperti ini bakalan banyak pengusaha yang bangkrut nih…. Bakalan kembali ke jaman batu….  Oya… Tidak hanya itu, menurut salah satu sumber yang saya baca bahwa seseorang yang telah mempublish/meng-upload materi/video/software yang melanggar hak cipta dapat dipenjara tanpa melalui meja hijau. Ngeri juga……

18 Januari 2012, BLACKED OUT, SOPA PIPA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Happy Paperless located at Banjarnegara , Jawa Tengah, Indonesia . Reviewed by 28 customers rated: 1 / 5



Rumus-Excel.Com
Kunjungi rumus-excel.com untuk belajar excel. Anda juga dapat menyumbangkan artikelnya ke kami untuk kita publish